RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP NEGERI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII / I
Standar Kompetensi*
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1. Mempraktikan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga bola besar beregu serta
nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah,
menghargai teman keberanian*
Alokasi Waktu : 3 x 2 x 40 menit
(3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan passing bolabasket dari depan dada, dengan
benar
b. Siswa dapat melakukan passing bolabasket dengan dipantul, dengan
benar
c. Siswa dapat melakukan passing bolabasket melalui atas kepala,
dengan benar
d. Siswa dapat bermain
bolabasket dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk
nilai kerja sama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai teman
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Permainan Bolabasket
·
Passing atas bolabasket
dari depan dada, pantul dan dari atas kepala
·
Bermain
bolabasket menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode
Pembelajaran
-
Pertemuan 1 = penugasan
-
Pertemuan 2 = penugasan
-
Pertemuan 3 = resiprokal/timbal-balik
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
- Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi dan pemanasan
- Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan teknik dasar passing
dari depan dada
F Teknik dasar (passing bolabasket dari depan dada, dan menangkap
) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
![]() |
§ Melakukan passing dari
dada dengan cara mendorong bola ke arah
teman di hadapannya (perorangan), di tempat
§ Melakukan passing dari
dada dengan cara mendorong bola ke arah
teman di hadapannya (perorangan), bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
§ Melakukan passing dari
dada dengan cara mendorong bola ke arah
teman di hadapannya formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan
model tugas/penugasan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
siswa mempelajari tugas ajar
dan indikator keberhasilannya
siswa memperkirakan waktu yang
diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
siswa melaksanakan tugas ajar
sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
bagi siswa yang belum mampu
mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi
kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
bagi siswa yang telah berhasil
mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi
kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
F Bermain bolabasket dengan
peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing dari depan
dada
F Teknik dasar (passing
bolabasket dengan dipantul, dan menangkap ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
![]() |
§ Melakukan passing pantul
dengan cara mendorong bola ke bawah arah
teman di hadapannya (perorangan), di tempat
§ Melakukan passing pantul
dengan cara mendorong bola ke bawah
arah teman di hadapannya (perorangan), bergerak depan, belakang, ke kanan dan
kiri
§ Melakukan passing pantul
dengan cara mendorong bola ke bawah arah
teman di hadapannya formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak
F
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan
model tugas/penugasan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
siswa mempelajari tugas ajar
dan indikator keberhasilannya
siswa memperkirakan waktu yang
diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
siswa melaksanakan tugas ajar
sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
bagi siswa yang belum mampu
mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi
kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
bagi siswa yang telah berhasil
mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi
kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
F
Bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing
pantul
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40
menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
-
Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan motivasi
dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Teknik dasar (passing dari atas kepal, dan menangkap ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

§ Melakukan passing dari atas kepala dengan cara
mengayun bola ke depan lururs arah teman
di hadapannya (perorangan), di tempat
§ Melakukan passing dari atas kepala dengan cara
mengayun bola ke depan lururs arah teman
di hadapannya(perorangan), bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
§ Melakukan passing dari atas kepala dengan cara
mengayun bola ke depan lururs arah teman
di hadapannya formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Strategi pelaksanaan dengan
menggunakan model resiprokal/timbal-balik
guru mengatur siswa agar
berpasang-pasangan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
siswa mempelajari tugas
gerak dan indikator keberhasilannya
siswa membagi tugas, siapa
yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa melaksanakan tugas
gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak
sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F Bermain bolabasket dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing dari
atas kepala
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3 (2 x 40
menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan (15
menit)
-
Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Teknik dasar (passing
bolabasket dari atas kepala, dada dan pantul serta menangkap) dengan rincian
kegiatan sebagai berikut :
![]() |
![]() |
§ Melakukan passing dari
atas kepala, pantul dan dari dada dengan cara berpasangan, di tempat
§ Melakukan passing dari
atas kepala, pantul dan dari dada dengan cara berpasangan bergerak depan,
belakang, ke kanan dan kiri
§ Melakukan passing dari
atas kepala, pantul dan dari depan dada dengan cara formasi berbanjar dan lingkaran sambil
bergerak
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Strategi pelaksanaan dengan
menggunakan model resiprokal/timbal-balik
guru mengatur siswa agar
berpasang-pasangan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
siswa mempelajari tugas
gerak dan indikator keberhasilannya
siswa membagi tugas, siapa
yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa melaksanakan tugas
gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak
sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F Bermain bolabasket dengan peraturan yang
dimodifikasi
dengan menggunakan teknik dasar passing bolabasket
dari atas kepala, dada dan pantul serta menangkap, Bermain lempar tangkap bola dengan menggunakan gawang bendera kecil, jumlah
pemain 8 – 10 orang

F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
E. Sumber Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Buku teks
-
Buku referensi,
Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII,
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan passing bola
dari (dada, pantul dan atas kepala)
· Bermain bola basket
dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
· Mengetahui
bentuk-bentuk passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala)
Aspek Afektif
·
Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai
teman dan keberanian
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
·
Lakukan teknik dasar passing bola dari (dada, pantul
dan atas kepala) !
·
Posisi kedua lengan setelah melakukan passing bola basket, adalah .
a.
diluruskan ke depan
b.
ditekuk di depan badan
c.
disilang di depan badan
d.
diduluskan ke samping
·
Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah,
menghargai teman dan keberanian
|
1. Teknik
penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik
dasar passing ( dada, pantul dan dari atas kepala serta menangkap)
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 70
Jumlah skor
maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan permainan
bolbasket dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak dalam permainan bolabasket
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 10
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir
yang diperoleh siswa =

2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR
PERMAINAN BOLABASKET
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Melakukan Teknik Dasar Passing Dari
Depan Dada, Pantul dan dari Atas Kepala
1. Posisi awal bola saat akan melakukan pasing
dari depan dada dipegang depan dada
2. Bentuk gerakan lengan saat melakukan
passing dari depan dana dan pantul mendorong bola ke depan
3. Posisi bola
yang benar saat akan melakukan passing dari atas kepala, dipegang di
atas kepala
4. Posisi
lengan akhir gerakan passing bolabasket lurus ke depan dan rileks
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL:
16
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLABASKET
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman satu tim
|
|
2. Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak
ragu-ragu)
|
|
3.
Mentaati peraturan
|
|
4.
Menghormati wasit(sportif)
|
|
5.
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLABASKET
Pertanyaan yang
diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana posisi kedua lengan setelah kamu
melakukan passing bolabasket ?
2.
Bagaimana posisi badan setelah kamu melakukan passing bolabasket ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment